Sabtu, 28 Juli 2012

Croisant

Bahan :
250 gr Korsvet
500gr tepung cakra
1 bungkus susu bubuk
½ sdt bread improver

1bungkus fermipan
3 kuning telur
75 gr gula pasir
50-100gr butter
300 ml air es
½ sdt garam
Bahan Isi :
Keju / kacang almond yang telah disangrai
Fresh cream
à di kocok dengan dialasi es batu diatasnya
Untuk garnish :
1 kuning telur
à untuk mempercantik tampilan kue
Cara membuat :
1.      Buat adonan dasarnya yaitu masukkan tepung cakra, butter, fermipan, bread improver, kuning telur garam. Aduk dengan mixer ulir dengan kecepatan cepat dan tambahkan sedikit demi sedikit air es sampai adonan tercampur dan kalis.
2.      Setelah kalis adonan di diamkan sejenak.
3.      Roll adonan dengan roll pin untuk memperhalus permukaan. Lakukan sampai adonan rata. Lalu masukkan korsvet ratakan korsvet dengan pisau.
4.      Lipat dan tutup korsvet dengan adonan lalu di roll pin kembali. Lakukan melipat dan meroll pin sebenyak 4 kali untuk mendapatkan bentuk lapisan pada kuenya.
5.      Setelah itu Potong adonan hingga menjadi beberapa bagian dengan bentuk persegi setiap adonannya. Lalu potongan persegi tadi di bagi dua dengan potongan silang dan menjadi segitiga. Lalu di belah sedikit pada bagian yang memiliki dua sisi.
6.      Gulung adonan hingga berbentuk croissant.
7.      Setelah selesai masukkan ke dalam Loyang yang diciprati air. Oleskan atasnya dengan kuning telur lalu taburi dengan keju / kacang almond. 
8.      Panggang di dalam oven kurang lebih 20-25’.
9.      Selama menunggu kita bisa membuat cream yang nanti akan di taruh di atasnya sebagi garnish. Pertama tuang fresh cream di baskom dan bawahnya di alasi dengan es batu agar pada saat dikocok fresh cream dapat membeku dan menjadi cream.
10.  Setelah croissant matang, gunting croissant di tengahnya. Masukkan cream yang telah jadi. Lalu atasnya taburi dengan keju.
11.  Croisant siap disajikan.
Porsi untuk satu adonan : 24 buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar