Sabtu, 28 Juli 2012

Sweet Balderdeg with Fresh Fruit

Sweet Balderdeg with Fresh Fruit
Bahan :
250 gr Korsvet
500gr tepung cakra
50-100gr butter
300 ml air es
½ sdt garam
Bahan Vla :
125ml fresh cream
200ml fresh milk
150gr gula pasir
50gr maizena
1 sdm rhum
1 Kuning telur
1 sdm butter
Untuk garnish :
1 kuning telur
à untuk mempercantik tampilan kue
Buah naga, strawberry
à untuk garnish diatasnya
1 bungkus agar-agar
à untuk mempererat buah diatasnya
Cara membuat :
1.      Buat adonan dasarnya yaitu masukkan tepung cakra, butter, garam. Aduk dengan mixer ulir dengan kecepatan cepat dan tambahkan sedikit demi sedikit air es sampai adonan tercampur dan kalis.
2.      Setelah kalis adonan di diamkan sejenak.
3.      Roll adonan dengan roll pin untuk memperhalus permukaan. Lakukan sampai adonan rata. Lalu masukkan korsvet ratakan korsvet dengan pisau.
4.      Lipat dan tutup korsvet dengan adonan lalu di roll pin kembali. Lakukan melipat dan meroll pin sebenyak 4 kali untuk mendapatkan bentuk lapisan pada kuenya.
5.      Setelah itu potong adonan sesuai selera anda. Ambil adonan lalu bentuk seperti baling-baling. Olesi adonan dengan kuning telur. Taruh adonan di Loyang yang diciprati air. Loyang jangan diberi olesan dengan butter/margarine cukup dengan cipratan air karena kandungan minyak di dalam adonannya banyak.
6.      Panggang di dalam oven kurang lebih 20-25’.
7.      Selama menunggu bladerdeg matang, kita dapat membuat vlanya dengan cara pertama masukkan campuran fresh milk dan fresh cream ke dalam panci. Tuangkan gula pasir. Panaskan, lalu masukkan maizena aduk hingga mengental. Lalu masukkan kuning telur, dan butter. Terakhir dapat menambahkan rhum untuk menghilangkan bau amis pada telur.
8.      Setelah bladerdeg matang, dinginkan. Lalu beri diatasnya vla dan hias dengan buah diatasnya. Agar buah dapat menempel dan tidak jatuh oleskan buah tersebut dengan agar-agar putih.
9.      Balderdeg siap disajikan.
Porsi untuk satu adonan : 18-20 buah
Sweet Balderdeg with Fresh Fruit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar